Faktor yang Sangat Mempengaruhi Penyakit Jantung

sakit jantung

Faktor risiko adalah kondisi atau kebiasaan yang membuat seseorang lebih cenderung terkena penyakit. Mereka juga dapat meningkatkan kemungkinan penyakit yang ada akan memburuk. Faktor risiko penting untuk penyakit jantung yang dapat Anda lakukan adalah:

  • Tekanan darah tinggi
  • Kolesterol darah tinggi
  • Diabetes dan prediabetes
  • Merokok
  • Kelebihan berat badan atau obesitas
  • Menjadi tidak aktif secara fisik
  • Memiliki sejarah keluarga penyakit jantung mula-mula
  • Memiliki riwayat preeklampsia selama kehamilan
  • Diet tidak sehat
  • Usia (55 atau lebih tua untuk wanita)

Beberapa faktor risiko, seperti usia dan riwayat keluarga penyakit jantung dini, tidak bisa diubah. Bagi wanita, usia menjadi faktor risiko di usia 55 tahun. Setelah menopause, wanita lebih cenderung terkena penyakit jantung, sebagian karena produksi tetes estrogen tubuh mereka. Wanita yang telah mengalami menopause dini, entah secara alami atau karena mereka telah menjalani histerektomi, dua kali lebih mungkin terkena penyakit jantung karena wanita seumuran yang belum mengalami menopause.

 

Alasan lain untuk meningkatkan risikonya adalah bahwa usia pertengahan adalah saat dimana perempuan cenderung mengembangkan faktor risiko penyakit jantung. Riwayat keluarga penyakit jantung dini merupakan faktor risiko lain yang tidak bisa diubah. Jika ayah atau saudara laki-laki Anda terkena serangan jantung sebelum usia 55 tahun, atau jika ibu atau saudara perempuan Anda memilikinya sebelum usia 65 tahun, Anda lebih mungkin terkena penyakit jantung sendiri. Preeclampsia adalah faktor risiko penyakit jantung lain yang tidak dapat Anda kontrol. Namun, jika Anda memiliki kondisinya, Anda harus berhati-hati untuk mencoba dan mengendalikan faktor risiko penyakit jantung lainnya.

 

Anda bisa membuat perubahan secara bertahap, satu per satu. Tapi membuat mereka sangat penting. Wanita lain mungkin bertanya-tanya: Jika saya memiliki satu faktor risiko penyakit jantung saja - katakanlah, saya kelebihan berat badan atau saya memiliki kolesterol darah tinggi - bukankah saya kurang atau lebih "aman"? Benar-benar tidak. Setiap faktor risiko sangat meningkatkan kesempatan wanita terkena penyakit jantung. Tapi memiliki lebih dari satu faktor risiko sangat serius, karena faktor risiko cenderung "mengeroyok" dan memperburuk efek masing-masing. Jadi, pesannya jelas: Setiap wanita perlu mengambil risiko penyakit jantungnya dengan serius - dan mengambil tindakan sekarang untuk mengurangi risiko itu.

 

Jadi alangkah baiknya untuk selalu memeriksakan jantung ke dokter, disana biasanya jantung kita akan diperiksa dengan alat EKG. Sebuah alat kesehatan yang khusus untuk memeriksa aktivitas listrik dan gangguan pada jantung. Alat kesehatan ini sudah banyak tersedia dipasaran, contohnya bisa dilihat di sebuah situs toko alat kesehatan www.alkes.me!