Ragam Alat Kesehatan Non Elektromedik

Ragam Alat Kesehatan Non Elektromedik – Alat kesehatan terdapat berbagai macam jenis dan fungsinya. Dalam kompendium kemenkes RI disebutkan beberapa kategori alat kesehatan, yaitu alat kesehatan elektromedik, non elektromedik dan produk diagnostik invitro.

 

Alat kesehatan elektromedik adalah alat kesehatan yang dalam pengoperasianya menggunakan tenaga listrik atau elektronik. Sedangkan non elektromedik adalah kebalikan dari elektromedik. 

 

Yaitu alat kesehatan yang tidak mengandung unsur listrik atau elektronik. Untuk produk diagnostic in vitro adalah golongan alat kesehatan yang digunakan untuk melakukan diagnosa terhadap unsur dalam darah misalnya.

 

Pada kesempatan kali ini kita akan menfokuskan sati pembahasan pada alat kesehatan non elektromedik. Kita tahu alat alat yang berhubungan dengan dunia medis saat ini sangatlah banyak jenis dan ragamnya satu per satu alat juga mempunyai fungsi masing masing,salah satu kelompok alat kesehatan adalah alat kesehatan non elektromedik.

 

Para pembaca sekalian pada kesempatan yang luang ini saya akan menjelaskan  tentang pengelompokan alat kesehatan non elektromedik dan saya juga akan memberikan pengertian contoh dan masing masing fungsinya

 

PENGERTIAN ALAT KESEHATAN NON ELEKTROMEDIK

 

Apakah anda tahu tentang alat yang di sebut alat kesehatan non elektromedik ,alat kesehatan elektromedik adalah alat kesehatan yang  cara kerjanya tidak menggunakan aliran listrik dan alat ini adalah kebalikan dari alat elektromedik yang cara kerjanya harus menggunakan aliran listrik untuk dapat berfungsi.

 

Alat non elektromedik ini sangatlah mudah untuk kita temukan  tidak usah jauh jauh ke rumah sakit yang ada di kota kita hanya perlu mengunjungi  pusat kesehatan masyarakat ( puskesmas)di sana kita akan dengan mudah menjumpai alat ini,alat ini juga tidak di perjual belikan sembarangan karena  di khawatirkan di salah gunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab,salah satunya adalah alat syirnge alat ini adalah alat untuk menyuntikan cairan kimia ke dalam tubuh ,alat ini sangat berbahaya jika di pakai secara berulang ulang karena dapat menyebarkan virus.kembali ke pokok pembicaraan saya akan memberi contoh alat kesehatan non elektromedik.

 

CONTOH ALAT KESEHATAN NON ELEKTROMEDIK

 

Berikut Ini adalah contoh contoh alat kesehatan non elektromedik yang sering kita temukan di rumah sakit atau klinik dan pusat kesehatan yang bandyak kita kenal :

 

SYIRNGE

 

Anda pasti baru mendengar alat kesehatan ini,padahal anda pasti  sudah tahu dan pernah menjumpai alat ini,alat ini berbentuk tabung kecil dan ada jarum di ujungnya bila alat ini sudah di pakai tidak boleh di gunakan lagi karena di khawatirkan menyebarkan penyakit,setelah di pakai alat ini akan di hancurkan dengan alat khusus sebelum di buang

 

TABUNG OXYGEN

 

Tabung oksigen tabung oxigen biasanya dapat kita jumpai di rumah sakit ,tabung ini berfungsi membantu pasien untuk bernafas,ketika sedang proses operasi tabung oxigen juga di perlukan oleh pasien ,selain itu tabung oxigen juga mempunyai banyak ukuran

 

ALAT INFUS

 

Alat ini sangat familiar di masyarakat dan alat ini berbentuk tabung  berisi cairan cara kerja alat ini adalah pertama jarum akan di suntikan ke aliran darah pasien dan cairan akan mengalir lewat selang kecil yang di sambungkan  kemudian cairan akan masuk ke tubuh melalui jarum yang sudah di suntikan,alat ini biasanya digunakan pada seseorang  yang akan menjalani  operasi

 

TENSIMETER

 

Tensimeter mempunyai dua jenis, manual atau air raksa dan tensi digital. Untuk tensimeter air raksa termasuk  dalam kategori  alat kesehatan non elektromedic, alat ini biasa di gunakan untuk mengukur  tekanan darah seseorang,termometer  dapat kita jumpai di rumah sakit atau klinik,termometer juga mempunyai ragam dan macam jenisnya,misalnya termometer air raksa ,tetapi termometer ini sudah jarang sekali di gunakan karena dalam proses penggunaanya sangat rumit dan juga cairan raksa yang ada di dalamnya juga sangat berbahaya bila terkena tubuh manusia,dan sekarang lebih banyak di gunakan termometer dengan jenis yang lain.

 

BLOOD LANCET

 

Alat ini digunakan untuk mengambil sample darah yang akan di periksa,alat ini mempunyai jarum di ujungnya di maksudkan untuk mengurangi rasa sakit, anda juga dapat menjumpai alat ini ketika ada kegiatan donor darah ,seperti syirnge alat hanya bisa di pakai satu kali saja karena bisa menyebarkan  berbagai macam penyakit bila di pakai secara bergantian oleh banyak orang,oleh karena itu alat ini berjumlah banyak dalam satu pack,alat ini bisa kita dapatkan di apotek terdekat .

 

STETOSKOP

 

Alat ini sangat lekat di gunakan oleh orang yang berprofesi sebagai dokter, bentuk alat ini seperti headset dengan pengeras gelombang suara di ujungnya,alat ini berfungsi untuk mendengarkan detak jantung dan suara pernafasan ,cara kerja stetoskop sendiri adalah dengan menempelkan pada tubuh pasie misalnya dada,stetoskop akan memprkuat gelombang suara,kemudian gelombang tersebut di pantulakn lewat selang dan pemeriksa dapat mendengar  detak jantung dengan jelas.

 

TERMOMETER AIR RAKSA

 

Termometer adalah alat yang digunakan untuk mengukur suhu, baik suhu ruangan ataupun suhu badan dan benda. Alat kesehatan ini juga memiliki dua jenis, elektronik dan air raksa. Yang masuk dalam alat kesehatan non elektromedik adalah termometr jenis air raksa. Termometer badan merupakan alat kesehatan yang harus ada di klinik atau di rumah sakit. Anda juga dapat membelinya untuk anda gunakan di rumah sebagai upaya perawatan dan pelemilharaan kesehatan anda.

 

Beberapa contoh diatas hanyalah sebagian kecil dari jenis alat kesehatan non elektromedik yang banyak dijumpai di klinik atau di rumah sakit yang familiar dengan kita sebagai orang yang awam tentang pengetahuan alat akesehatan. Bagi anda yang membutuhkan alat kesehatan atau informasi seputar alat kesehatan , anda dapat temukan di gloryamedica.com website distributor alat kesehatan dan hospital furniture resmi standar rumah sakit.

 

Pembaca yang budiman Itulah rangkuman dari saya mengenai alat kesehatan non elektromedic,dan semoga artikel ini bermanfaat bagi anda untuk memper dalam mengenai dunia alat kesehatan dan terima kasih telah membaca artikel ini ,sampai bertemu lagi di artikel artikel berikutnya. 

 

 

                

Comments: 0 (Discussion closed)
    There are no comments yet.